Kamis, 13 Juli 2017

pengertian printer

Pengertian Printer – Selamat datang netizen di blog kami Mandalamaya.COM yang selalu membahas tentang informasi bermanfaat seputar teknologi. Sebelum ke pembahasan pokok, baru kali ini kami menyapa anda dengan istilah netizen, tau netizen itu apa? Netizen adalah sebutan bagi para pengguna internet jika diartikan secara harfiah netizen itu adalah warga internet. Bagi pengguna setia internet sudah barang tentu hampir setiap hari berinteraksi dengan komputer, dan kami yakin sudah tau apa itu pengertian komputer, jika belum bisa lihat di artikel pengertian komputer.
Agar bisa memberikan manfaat yang maksimal, komputer membutuhkan perangkat lain, contohnya adalah printer. Dan kami yakin anda sekalian sudah pernah memakai alat tersebut, setidaknya melihat. Namun apakah anda yakin sudah tau apa itu pengertian printer? Jika belum, mari kita bedah apa yang dimaksud dengan printer, sampai dengan mencari tau apa saja jenis-jenis printer tersebut.

Pengertian Printer

Pengertian Printer adalah merupakan salah satu komponen komputer tepatnya hardware output yang memiliki fungsi sebagai pencetak informasi yang tampil pada layar monitor menjadi tampilan pada kertas atau yang sejenisnya. Printer adalah komponen luar dari sebuah komputer, artinya printer merupakan perangkat keras yang berdiri sendiri sehingga ketika akan menggunakannya terlebih dahulu kita harus memperkenalkan alat ini dengan komputer yang kita pakai. Cara agar komputer mengenali perangkat printer tersebut dengan menginstal driver printernya. Bagus tidaknya kualitas printer tergantung pada resolusi printer itu sendiri yang diukur dalam satuan dpi (dot per inchi). Penjelasan dari dpi adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inchi, maka semakin tinggi resolusi dpi printer akan menghasilkan kualitas cetak yang lebih baik.

Jenis Jenis Printer

1. Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang memiliki resolusi cetak paling rendah. Pada umumnya jenis printer ini hanya mendukung satu warna, yaitu warna hitam. Hingga saat printer jenis dot-matrix masih banyak digunakan, biasanya yang paling banyak menggunakan printer jenis ini di tempat perbelanjaan untuk mencetak struk atau nota pembelian.
Contoh Printer Dot-Matrix
Contoh Printer Dot-Matrix
2. Printer Inkjet
Printer Inkjet adalah printer yang memiliki kualitas cetak cukup baik dan mendukung pencetakan gambar berwarna. Printer jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak informasi dari komputer kedalam kertas.
Contoh Printer Inkjet
Contoh Printer Inkjet
3. Printer Laser
Cara kerja printer laser hampir mirip dengan mesin fotocopy. Tinta yang digunakannya adalah jenis tinta serbuk, sehingga hasil cetakan dari printer ini lebih awet dan tidak luntur jika kena air tidak seperti hasil cetakan dari printer inkjet.
Contoh Printer Laser
Contoh Printer Laser
Demikianlah informasi mengenai pengertian printer dan jenis jenis printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar