Rabu, 12 Juli 2017

Pengertian Hyperlink

Pengertian Hyperlink

Ada beberapa pengertian tentang hyperlink yang bisa kita dapatkan dari beberapa buku dan website, beberapa pengertian hyperlink tersebut adalah sebagai berikut:
Pengertian Hyperlink pada Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs
Link atau hyperlink adalah teks yang dapat menuntun kita untuk menuju ke URL tertentu.
Pengertian Hyperlink pada Buku TIK SMA Kelas XII
Pengertian Hyperlink adalah teks atau gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.
Pengertian Hyperlink pada Buku Desain Web dengan MS FrontPage 97
Pengertian Hyperlink adalah hubungan dari page WWW ke file pada WWW. Tujuan dari hyperlink pada umumnya adalah page WWW lainnya, tetapi dapat juga berupa file multimedia atau bahkan program.
Pengertian Hyperlink pada Wikipedia Indonesia
Hyperlink atau dalam bahasa Indonesia disebut Pranala adalah sebuah acuan dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain.
Dari beberapa pengertian hyperlink di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hyperlink dapat menghubungkan suatu halaman dengan halaman lain yang masih terdapat pada website itu sendiri, selain itu hyperlink juga dapat menghubungkan suatu halaman website dengan halaman yang terdapat pada website lain. Selain mengaitkan antar halaman, hyperlink juga bisa mengaitkan halaman dengan file multimedia, dan file program.
Hyperlink dapat dipasang pada text maupun gambar. Hyperlink dengan text dapat dibedakan secara visual, secara default text yang dipasang hyperlink pada sebuah halaman website akan berwarna biru dan underline. Sedangkan hyperlink yang terpasang pada gambar tidak bisa dibedakan secara visual langsung, namun jika pointer berada di atas gambar maka pointer tersebut akan berubah tampilan. Jika text ber-hyperlink tersebut diklik maka browser akan menampilkan halaman atau file yang dituju. Jika browser dapat membaca link tujuan tersebut maka akan ditampilkan langsung dalam halaman browsernamun jika file tersebut tidak bisa dibaca, maka user diminta untuk menyimpannya dalam komputer atau dikenal dengan istilah download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar