Rabu, 12 Juli 2017

Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud dengan DHCP? Apa manfaat dari DHCP tersebut? Dan bagaimana cara kerja dari DHCP tersebut?Bila kita mempelajari tentang Jaringan Komputer maka kita pasti akan menemukan istilah yang namanya DCHP.
DHCP atau Dinamic Host Configuration Protocol adalah protokol client server yang digunakan untuk memberikan alamat IP Address secara otomatis pada komputer atau perangkat jaringan yang lain. 

Dengan adanya DHCP teknisi komputer tidak perlu melakukan konfigurasi satu persatu komputer client untuk memberikan IP Address secara manual, cukup melakukan konfigurasi DHCP maka semua perangkat yang terhubung dalam jaringan akan mendapatkan IP Address secara otomatis. IP Address yang diberikan oleh sistem akan menyesuaikan dengan network digunakan pada jaringan tersebut.

DHCP biasanya dikonfigurasikan pada perangkat router sehingga jaringan berada dibawah dari router akan mendapatkan IP Address secara DHCP. Seorang teknisi lebih sering menggunakan DHCP karena memudahkan dalam pengkonfigurasian jaringan komputer. Selain pemberian IP Address secara otomatis DHCP juga memberikan netmask dan konfigurasi jaringan lain agar bisa terkoneksi dengan network tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar