Kamis, 13 Juli 2017

Manfaat dan Kelebihan DBMS (Sistem Manajemen Basis Data)

Manfaat dan Kelebihan DBMS (Sistem Manajemen Basis Data)

  • Performa dalam pengolahan data sangat baik bahkan untuk mengelola data yang berukuran besar sekalipun. Bebeda halnya dengan metode penyimpanan data dalam bentuk file dan spreadsheet, kedua metode ini hanya bisa bekerja optimal apabila digunakan untuk penyimpanan data yang berukuran kecil.
  • Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. DBMS mampu mencegah terjadinya redudansi data, dimana redudansi data adalah bertumpuknya file yang sama dalam sebuah basis data.
  • DBMS bersifat independensi. Maksudnya adalah ketika harus dilakukan perubahan struktur database maka aplikasi antarmuka tidak akan mengalami hal serupa. Perubahan cukup dilakukan pada struktur databasenya saja tanpa harus mengubah struktur dalam aplikasi antarmuka.
  • DBMS bersifat terpusat (sentralisasi). Maksudnya adalah ketika sebuah database digunakan secara bersama-sama, maka akan lebih mudah apabila database tersebut disimpan pada satu tempat. Dan dengan menggunakan DBMS, hal tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan. Berbeda halnya apabila menggunakan metode penyimpanan bentuk file dan spreadsheet yang harus disimpan pada setiap komputer yang membutuhkan akses ke database tersebut.
  • Sistem keamanan data dalam database akan lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Karena dalam DBMS dimungkinkan untuk melakukan pengaturan hak akses kepada masing-masing user.

Contoh Program DBMS

  1. MySQL
  2. Oracle
  3. Firebirh
  4. Microsoft SQL Server
  5. Foxpro 6.0 atau FoxBase
  6. DB2
  7. Paradox
  8. Microsoft Access
Itulah ulasan kami tentang pengertian DBMS atau Sistem Manajemen Basis Data. Kami masih perlu menyampaikan beberapa istilah lainnya yang berkaitan dengan DBMS dan database ini, salah satunya terutama untuk penjelasan dari beberapa contoh program DBMS yang kami data di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar