Kamis, 13 Juli 2017

 Hosting


Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website dengan tujuan supaya bisa diakses oleh setiap orang yang terhubung pada jaringan internet. Hosting atau Web Hosting biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan yang bergerak dibidang layanan penyedia web hosting, namun ada juga hosting yang dimiliki oleh individu atau oleh satu perusahaan saja. Hosting bisa digunakan untuk keperluan web server atau tempat menyimpan file-file website, juga bisa digunakan untuk mail server. Mail server sendiri adalah sarana komunikasi elektronik yang memungkinkan seseorang mengirimkan pesan dan file kepada orang lain.
Web Hosting adalah sarana untuk menyimpan website, hosting dibangun pada komputer khusus untuk server supaya bisa melayani beban lalu lintas yang besar dan mampu terhubung ke jaringan internet selama 24jam setiap harinya. Web Hosting populer saat ini biasanya dibangun di atas sistem operasi Linux dan Windows Server.
Aplikasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Web Hosting:
  • Name  Server
Name Server berfungsi untuk menterjemahkan (Resolving) IP Address ke Domain. Menggunakan Aplikasi Bind 9 (gratis).
  • Web Server
Web Server berfungsi sebagai Server sebuah Website. Aplikasi yang digunakan: – Apache dijalankan pada sistem operasi Linux gratis. – IIS berjalan pada sistem operasi Windows Server.
  • Database
Database berfungsi sebagai tempat sumber penyimpanan data. Aplikasi yang digunakan: MySQL dan MSSQL
  • FTP Server
FTP Server berfungsi media tranfer data untuk menyimpan file website dari komputer pribadi ke komputer hosting. Aplikasi yang digunakan: ProFTPD, Pure-FTPD, vsFTPD
  • Mail Server
Mail Server berfungsi untuk pengelolaan email. Aplikasi yang digunakan: QMail, Postfix, Squirrelmail, RoundCube (Web Mail)

Macam-Macan Hosting

  • Layanan Web Hosting Gratis
Web Hosting gratis biasanya memiliki fitur-fitur yang sangat terbatas, Web Hosting Gratis kurang cocok untuk keperluan bisnis. Biasanya imbalan si penyedia hosting untuk layanan hosting gratisnya tersebut dengan iklan yang secara otomatis tampil di website kita.
  • Layanan Web Shared Hosting
Layanan Shared Hosting yaitu Hosting yang dipakai oleh banyak orang, dalam satu Shared Hosting saja bisa menampung ratusan atau bahkan ribuan website. Dengan menggunakan Shared Hosting biaya sewa menjadi lebih murah. Cocok untuk digunakan untuk keperluan Website profile perusahaan, Online Store dan blog pribadi.
  • Reseller Web Hosting
Dalam Reseller Hosting dengan adanya tambahan fitur pebuatan username dan password, si penyewa bisa menyewakan kembali ruang hostingnya ke orang lain.
  • Virtual Private Server (VPS)
Dalam satu server VPS penyedia menyewakan hanya ke beberapa client saja. Keunggulan VPS adalah si client seolah-olah memakai layanan Dedicated Hosting. VPS adalah solusi untuk memiliki Hosting Dedicated dengan harga lebih murah.
  • Layanan Hosting Dedicated
Dengan layanan Dedicated Hosting client mendapatkan sebuah web server dan mail server untuk dikelola oleh sendiri. Client bisa mengakses directori root pada Linux atau bisa sebagai administrator untuk sistem operasi windows. Hal ini berarti Client bertanggung jawab penuh atas kerusakan atau pemeliharaan web servernya sendiri.
  • Colocation Hosting
Hosting jenis Colocation hampir sama dengan Dedicated Hosting, namun bedanya colocation berarti si penyedia layanan memberikan ruang fisik untuk sebuah komputer server. Dalam hal ini si pengguna atau client harus mengunjungi lapangan apabila akan melakukan upgrade hardware atau lainnya yang berhubungan dengan perangkat fisik. Penyedia bertanggung jawab untuk menyediakan dan pemeliharaan pada kelistrikan, tempat dan layanan akses internetnya.
Dengan mengetahui jenis-jenis apa saja yang ada pada layanan hosting tersebut diharapkan kita bisa memilih layanan hosting yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan usaha kita. Carilah layanan hosting yang baik dengan support 24 jam setiap harinya dan memiliki jaringan internet yang baik pula. Hal ini sangat diperlukan karena dapat menunjang kelancaran website atau bisnis kita.
Banyak sekali penyedia layanan hosting di Indonesia khususnya yang bisa dijadikan pilihan untuk anda (silakan anda cari di search engin dengan mengetikan keyword “web hosting terbaik”). Dan bagi anda yang ingin mencoba layanan hosting, berikut ada hosting gratis bisa dijadikan alternatif sarana pembelajaran:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar